Home > Out Of Topics > Diusilin Hacker

Diusilin Hacker


Dini hari ini, seperti biasa, saya online. ketika saya buka salah satu email saya, ada sesuatu yang mencurigakan, ada email masuk notifikasi dari PayPal mengenai tambahan email baru. Kontan saya langsung kaget, pikiran yang pertama terlintas adalah ada yang meng-hack akun PayPal saya.

well, kontan saya langsung menuju PayPal saya, dan memang benar ada tambahan user adihacker77@yahoo.com. secara otomatis langsung saya hapus user tersebut. langkah selanjutnya adalah mengubah password PayPal saja, untuk antisipasi serangan lebih lanjut. Bukan apa – apa, walaupun jumlah deposit yang ada di akun saya tidak banyak, tapi sudah ter-link ke akun kartu kredit saya, terlebih akun saya adalah Verified PayPal Business Account. Bisa bahaya..

OK, rutinitas saya lanjutkan kembali.. cek email lagi, tapi kejadian terus berlanjut, secara tiba – tiba web browser menayangkan jendela login untuk akses email, saya isi dengan informasi yang sesuai, tapi setelah tombol Submit ditekan, muncul pesan kesalahan yang menyatakan bahwa informasi login yang saya sertakan tidak sesuai. Saya coba dengan bermacam kombinasi password yang biasa saya gunakan, tapi tetap saja tidak berhasil. Wah ini pasti si hacker sudah berhasil masuk ke akun email saya!

Langkah selanjutnya adalah melakukan recovery password email saya. Untung saja ketika saya mendaftarkan emial saya ini, saya sertakan email yang lain sebagai antisipasi keadaan darurat, dan ternyata berguna pada saat ini. Setelah berhasil mengganti password, saya langsung masuk ke inbox.

Begitu lihat inbox, terdapat 2 email baru, berasal dari AlertPay dan LibertyReserve, yang intinya menanyakan untuk reset password, dan jika dilihat waktu dari email tersebut masuk, kejadiannya belum berselang satu jam, berarti masih benar2 baru, walaupun saya kalah langkah 1 jam dengannya.

Segera saya cek akun AlertPay dan LibertyReserve saya untuk memastikan tidak terjadi hal – hal yang tidak dikehendaki. Alhamdulillah masih aman.

Yang mengerankan adalah bagaimana dia mendapatkan akun saya.. Usut punya usut kemungkinan adalah salah satu kejadian dimana saya iseng tertarik untuk mencoba sesuatu yang berakibat pada ter-ekspos-nya sedikit informasi dari akun saya, walaupun tentu saja masih terdapat kemungkinan penyebab lainnya.

Well, saya tidak tahu apa tujuan ‘orang iseng’ tersebut, apakah motif-nya pencurian atau asah kemampuan atau untuk menunjukkan kelemahan saya atau apalah, tolong jangan salah gunakan kemampuan Anda.

Whetever you do, saya ambil sisi positifnya, saya jadi seperti diingatkan masalah privasi dan sekuritas di dunia maya, saya harus lebih berhati – hati.

Puasa hari pertama, saya mendapatkan berkah ilmu dan pelajaran baru, Alhamdulillah.

PS: kejadian masih berlanjut saat post ini ditulis, bahkan kejadian terkahir dia berusaha mendapatkan akun saya di Blogger, Multiply dan berusaha mereset akun email saya lagi sampai 2 kali.

PPS: Oh iya, saya berharap orang usil ini membaca blog saya ini dan menghentikan aksinya jika tujuannya tidak baik, ingat, akan ada balasannya lho… Jika tujuannya baik, tolong bagi ilmunya bagaimana untuk mencegah hal2 tersebut. :-)

Categories: Out Of Topics
  1. August 22, 2009 at 5:22 am | #1

    Wah ada email masuk, dia berusaha mereset password wordpress saya, padahal registrasi wordpress menggunakan akun email yang lain!

    hmm pemikiran jadi berkembang lebih jauh, mungkin kah sistem saya sudah di-compromise atau orang tersebut hanya berusaha mendapatkan akun situs2 yang saya miliki berdasarkan signature / link yang saya tautkan di dalam situs2 saya ?

  2. August 22, 2009 at 6:02 am | #2

    PS: saya juga sudah kirm email ke ybs.. semoga dibaca, ditanggapi dan ditindak lanjuti…

  3. Teddy Sopyan
    August 22, 2009 at 8:29 am | #3

    Semoga Allah membukakan pintu hatinya untuk bertaubat jika tujuan dan niatnya tidak benar, dan diberi kesadaran kalau ilmu nya hanyalah setitik tinta kecil di hadapan NYA
    Siaga terus mas !!!

  4. August 22, 2009 at 12:34 pm | #4

    @Tedi:
    Iya, semoga ybs diberi kesadaran dan hidayah…akun email ku udah di compromised full… :-(

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

