Home > Ngoprek > My Dates With Delphi

My Dates With Delphi


Suatu ketika teman saya bertanya mulai kapan saya menggunakan Delphi. Lalu saya jawab sejak Delphi mulai ada, alias Delphi 1. Kaget juga mendengar jawaban saya seakan tidak percaya bahwa saya yang sedang asik coding pada Delphi 2005 ternyata pengguna Delphi sejak awal.

Sebenarnya perkenalan saya dengan Delphi melalui Turbo Pascal. Waktu itu kalau tidak salah belajar TP3, kemudian TP5 dan TP7. Nah pada TP7 ini Borland memperkenalkan konsep baru Object Oriented Programming melalui TurboVision. Setelah TV, saya coba Borland Pascal for Windows, gak banyak yang berubah bila dibanding TP7, cuma GUI nya saja yang menyesuaikan.

Nah baru setelah itu Borland merilis Borland Delphi 1, Rapid Application Development (RAD) yang bener – bener killer (pada jamannya). Utak – utik, ternyata asik juga. Kemudian saya langsung ke Delphi 3, dulu saya masih ingat code name-nya Ivory. Kemudian berturut – turut saya mencoba Delphi 4 dan 5. Versi 6 saya lompati dan langsung ke Delphi 7 dan Delphi 9.

Adapun beberapa versi Dlephi yang saya lewati, yaitu versi 2 dan 6 karena waktu itu saya kurang waktu untuk pemrograman, waktu itu karena sibuk kuliah (v2) dan bekerja di bagian keuangan (v6). Untuk versi 8 saya lewati karena ‘kekecewaan’ (setelah mencoba beberapa kali) saya yang hanya mengakomodir platform .NET saja, disamping tampilan IDE yang tidak seperti biasanya, yaitu mirip Visual Basic.

Versi 9 alias 2005 membawa banyak perubahan, antara lain ECO, Unit Testing, Refactoring, Code Folding, .NET, multiple language dalam satu IDE (C#, .NET, Win32), Dokumentasi yang lebih baik, optimalisasi complier dan native code, integrasi dengan aplikasi dari Borland lain seperti Caliber, StarTeam dan masih banyak fitur yang apabila saya sebutkan satu persatu akan menghabiskan puluhan halaman. Intinya adalah, Delphi2005 kembali menjadi Killer Application setelah 3 tahun vakum (setelah Delphi7) dan pasarnya diambil alih oleh Microsoft dengan VisualStudio nya.

Yah begitulah sekelimut ‘kencan’ saya dengan Delphi.

Categories: Ngoprek
  1. May 6, 2006 at 12:08 pm

    bener bener kencan yang masyuk 😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: