Home > Ngoprek > Delfai, Delfi or Delpi..???

Delfai, Delfi or Delpi..???


Menurut Anda, bagaimanakah pengucapan Delphi yang benar..?? Pernahkah terlintas dalam benak Anda mencari tahu pengucapan Delphi yang tepat..? Atau menurut Anda bahwa kata Delphi yang Anda ucapkan sudah tepat..? Mmm, cukup sulit untuk menjawabnya karena fakta yang saya temukan ternyata berbeda – beda, bahkan dari para master dan dedengkot Delphi sekalipun.

Fakta ini saya dapat ketika saya menyimak tutorial yang disampaikan oleh para master, terutama pada BDNradio maupun BDNtv. Mereka mengucapkan Delphi dengan lafal yang berbeda. Beberapa arsitek Delphi di US melafalkannya dengan “Delfai”, sedangkan anggota Borland yang ada di Eropa, bahkan Marco Cantu pun menyebutnya dengan “Delfi”. Sementara itu kebanyakan orang Indonesia menyebutnya dengan “Delpi”.

Nah lalu bagaimana dengan Anda..??

Categories: Ngoprek
  1. starboard
    August 28, 2005 at 1:23 am

    jangan kan gimana cara melafalkannya, delphi itu berasa dari bahasa apa n artinya apa aja aku blum tau. tolong dong kasih penjelasan. dlm baha indonesia tentunya.

  2. bprasetio
    August 29, 2005 at 12:50 pm

    Wah, belum sempat translate, tapi ada kok penjelasan mengapa namanya Delphi, bahkan langsung dari pembuatnya. Coba baca di sini http://bdn.borland.com/article/0,1410,20396,00.html

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: