Home > Ngoprek > Limited by Subnet

Limited by Subnet


Pengaturan network class kantor yang hanya Class C dengan subnet standar (255.255.255.0) ternyata sudah mencapai batasnya. Mau tidak mau harus diperbarui agar mampu menampung lebih banyak client.

Kasus ini terjadi karena pemasangan Wireless Access Point yang memungkinkan user terkoneksi tanpa kabel. Dengan dmeikian potensi jumlah user yang terkoneksi tidak dapat dikontrol sebaik ketika menggunakan kabel, sehingga jumlah IP yang tersedia harus mencukupi. Dengan Class C standar, maka maksimal jumlah client / host adalah 254, padahal prediksi ke depan, jumlah client akan melebihi nilai tersebut. Untuk itu harus diatur ulang pengalamatan IP, salah satu caranya adalah dengan memperluas subnet (supernetting).

Dengan memperluas subnet menjadi 255.255.252.0, maka jumlah maksimal client / host adalah 1024. Cukup banyak untuk menampung semua koneksi di masa mendatang.

Ok, saatnya mengatur ulang subnet….

Categories: Ngoprek
  1. December 25, 2005 at 7:42 pm

    Wireless Access Point memang bagus…tapi spti apa ya handle buat pengiriman data agar tidak menimbulkan trouble pada jaringan…dan Wireless Access Point juga menrut saya memiliki batasan jangkaun yg cukup kecil. Ini akan mengakibat kan pengiriman data menjadi lelet/lambat..
    Nb: Udah coba pak FO lom ??? memang sech org males mikirin kabel tapi ini..memang krenz…

  2. bprasetio
    December 26, 2005 at 9:59 am

    Dibandingkan dengan WiredLAN, WLAN memang memiliki keterbatasan dalam hal kecepatan transfer, karena dipengaruhi oleh kekuatan sinyal, materi lingkungan (outdoor, indoor, bahan tembo, dsb).

    WLAN di kantor saya rancang unutk mengakomodir pengguna laptop, sehingga mereka benar2 mengoperasikan tanpa kabel jaringan, agar tidak menambah kesemrawutan kabel. Disamping itu user yang terkoneksi via WLAN sudah saya rancang untuk memiliki IP khusus yang didapat dari DHCP AccessPoint, sehingga saya bisa membedakan user yang terkoneksi via WLAN maupun WiredLAN. Tentu saja, WAP tersebut sudah saya tambahkan fitur proteksi agar tidak sembarang orang bisa terhubung ke jaringan.

    Masalah FO, saya sudah menerapkannya pada backbone LAN kantor saya, yang saya pasang pada setiap lantai. Baru pada terminal client saya pake UTP Cat5e. Koneksi FO memang kenceng, tapi perawatan FO memang harus ekstra hati2 karena bahan kabel sangat rentan terhadap kerusakan.

  3. Saysansay
    December 27, 2005 at 5:49 pm

    Thank’s Before..
    Sekarang diriku udah Ngerti..Klu untuk Warnet dan Game Online Struktur/Bentuk Jaringan apa yan yang efisien Dan Efektif..Diriku Masih Menggunakan Struktur Jaringan Yg Sangat sederhana Dg 1 Router Dan 1 server Dan dg 24 Client,Dan akses bandwith 512 Kpbs. Tapi Sering TerjadiNya Truoble Jaringan.Hal Ini Yg membuat diriku repot. rencananya Diriku Mau Merubah Struktur Jaringannya. Klu Bole Diriku Minta Masukan. Struktur Jaringan Apa Ya yang Bagus Buat Permasalahan diatas Tadi…

  4. bprasetio
    December 27, 2005 at 6:35 pm

    Saya belum punya pengalaman dalam hal pembangunan jaringan untuk Game Online, tapi mungkin dengan mengetahui trouble jaringannya secara spesifik, sedikit banyak bisa membantu.

  5. saysansay
    December 28, 2005 at 4:35 pm

    Tahnk’s Before agains, ternyat setelah diriku selidiki HUBSWITCH nya udah nga support untuk jaringan type ini…Terpaksa diriku ganti dech…ama cisco router aja kali ya..biar lebih terartur penggunana bandwitnya..tapi itu tadi dirku masih blom paham baget ama cisvo router…

  6. bprasetio
    December 29, 2005 at 9:41 am

    hampir sama dengan router lainnya, dan biasanya bisa dimanage lewat WebGUI.

  7. saysansay
    January 2, 2006 at 3:54 pm

    wuih makasih banget ya kang….memang akang ku yg ini paling krenzzz ama jaringan..wakakaka entar nanya lagi da

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: