Archive

Archive for July, 2006

Delphi Wiki

July 31, 2006 Leave a comment

Just want to inform that a Delphi Wiki has been started at http://delphi.wikia.com. Go ahead to check it.

Advertisements
Categories: News

Tipikal [Oknum] Programmer Indonesia

July 21, 2006 5 comments

Post ini saya kutip dari sebuah diskusi di forum Delphi Indonesia, Thread Starter nya adalah Bro Simba (Bisma Jayadi), blog nya ada di sini, sini dan masih banyak lagi, punten, maaf saya kutip ke blog saya.. hehe..

Post simba:
Seberapa sering sih di komunitas online (milis, forum, situs, dlsb) programmer (bhs program apapun) di Indonesia, kita menemukan posting (kira2) seperti ini…

Halo… saya baru belajar X. Ada yg bisa ngasih contoh source-nya gak?

Saya pengen bikin program/algoritma A, minta source-nya dong?

Gimana sih cara bikin program/algoritma D? Tolong dikirimkan contoh source, manual, penjelasan yg lengkap. Makasih ya!

Saya lagi bikin program S. Tapi saya bingung gimana cara bikinnya? Ada yg bisa kasih contoh listing dan penjelesannya gak?

dan lain sebagainya, yg intinya sama walaupun redaksionalnya bisa ber-macam2.

Bandingkan dgn posting2 di komunitas luar negeri, misalnya seperti ini…

Saya sedang bikin program Z. Berdasarkan buku/referensi A, algoritma terbaik adalah algoritma Y. Saya udah bikin dan bisa jalan dgn baik di Delphi 7. Tapi, dalam kasus tertentu, program crash. Setelah saya debug, masalahnya ada di line ke-xxx unit F.pas (source code terlampir). Help file dan internet udah saya ubek2, tapi belom banyak membantu. Kira2 kemungkinan apa saja yg menyebabkan crash tsb?

Dan tau gak… pertanyaan yg paling sering ditanyakan di komunitas programmer Indonesia adalah: Konversi Angka ke Huruf dan sebaliknya! Padahal penjelasan dan source untuk itu udah bejibun banget di internet! Gak percaya? Silakan survei aja sendiri. :p

Mungkin bisa kita simpulkan, kira2 bagaimana perbedaan programmer Indonesia dan programmer luar negeri? Tentu saja, apapun kesimpulannya, kita gak bisa menggeneralisasi 100%.

Sekedar bagi2 pemikiran aja.

Tanggapan ZeAL:
Hmm… kalo disini kayaknya pertanyaan yang paling sering muncul kayaknya : “cara koneksi delphi ke MySQL gimana sih?”/dan variannya… hehehehe… Kayaknya pada males pake fasilitas “search”, yah… atau fasilitas “search”-nya gak memadai..?? hhehehe…

Tapi gue “agak” setuju dengan pendapat diatas.. selalu maunya “instant”… Padahal yang instan2 itu gak baik buat kesehatan…
Ahh.. sama satu yang gue suka “eneg” kalo ada yang nanya : “ajarin gue hacking donk… gue mo jadi hacker dan mengacaukan sistem pentagon”… plisss deee… mbok ya baca2 dulu gitu.. atau coba2 dulu sendiri.. kalo gak bisa ya baru tanya… Jangan belom apa2 udah nanya.. Minimal kalo mo nanya sama “om google” dulu…

just my 2 cents

Tanggapan deLogic:
ini dia postingan yang menarik hehehe.. terus terang gw juga sependapat dengan tipikal yang uda disebut diatas oleh bro simba, bisanya langsung to the point pingin enaknya aja tanpa usaha terlebih dahulu dan seperti ZeAL, saya sebetulnya juga ‘eneg’ (hehhe.. nggak basa – basi, nggak saya sensor)..

fasilitas search gak memadai, wah gak bisa dijadikan alasan.. di forum yang rame dan terkenal pun masih banyak tipikal user yang beginian…

Tanggapan Chep_Rytheone:
Dari pada so pinter….
Nggak juga ah..Luar negerinya dimana?
di forum luaran juga buanyak yang kaya gitu…
Note : buanyak banget orang yang belajar otodidak jadi ya cari cara instan. ada yang ngelarang gitu?
Yang penting udah ada usaha nanyain
Tapi, ya idealnya kaya gitu sih..

Tanggapan ZeAL:
Ini gue juga setuju, tapi mungkin kadarnya lebih rendah…
Sebenernya gak masalah kalo nanya hal2 dasar, asal jangan nanya “gue pengen bikin program ini, minta source nya donk!” atau “eh, ada yang punya source untuk program ini?” atau yang paling parah “ada yang bisa bikinin gue program ini gak?”

Kalau forum luar (paling tidak untuk beberapa forum yang gue ikuti) biasanya sifatnya “mengajak”.. “eh, bikin program ini yuk! ntar gue bikin bagian ininya, ntar ada yang bikin bagian entunya.. gimana…??” atau minimal punya konsep “gue punya konsep ini.. tapi gue gak bisa bikin kodenya.. ada yang mau bantu…??”

Kalau mo belajar otodidak ya mendingan jangan cara instan.. jangan lupa tekankan kata “BELAJAR”..
kata “instan” dengan “belajar” kayaknya gak bakal klop.. (ngerti kan yah maksud gue?)
Belajar itu kan sebuah proses… kalo “instan”, proses nya gak ada langsung hasil akhir…

OIA, gak.. gak ada yang ngelarang kok…

Sebenernya bukan masalah di usaha untuk bertanya.. malah bagus donk… tapi yang perlu diperhatikan adalah ISI pertanyaannya…
Masalahnya (di forum), pertanyaan yang sama kalo udah dilontarkan sampe lebih dari 3 kali kayaknya penghuni forum juga mulai pada eneg.. Itulah makanya ada fasilitas pencarian (Search). Cari dulu topik yang diinginkan, kalo ketemu dibaca dulu… kalo kurang puas, gak perlu buka topik baru.. cukup sambung aja topik yang udah ada…
Jadi selain akan lebih terorganisisr, orang yang ingin mencari informasi yang sama akan lebih mudah.. dan pertanyaan yang sama tidak akan muncul… gituuuu…

Jadi buat temen2 yang mau bertanya, yang pada bisa jawab juga dengan senang hati akan menjawab.. Tapi tolong gunakan fasilitas search dulu.. okay…. jadi gak mubazir gitu bandwidth nya… hehehe…

cheers…

Tanggapan rayaLangsep:
kebanyakan memang sudah tipikal orang indonesia yang seperti itu, mau yang cepat aja, padahal dulu nenek moyang kita pernah mengatakan “tidak penting hasilnya, yang penting itu prosesnya”–dan ini ada benarnya juga, kalo proses sudah benar, pasti hasil akan benar, bagaimana bisa mendapat hasil yang benar, kalo proses aja gak mau ngejalanin.

Orang indonesia jangan cuma bisa jadi editor ama plagiator aja dunk, yang kreatif dikit… dikit aja… ntar lama-lama jadi bukit…

Categories: Out Of Topics

Benchmark Softwares are Vulnerable!

July 19, 2006 Leave a comment

Wah, benar2 tidak disangka, ternyata banyak software benchmark terkenal dan sering dijadikan acuan sangat rentan terhadap kecurangan untuk menghasilkan nilai benchmark yang dikehendaki. Memang sih, topik ini mungkin sudah rada2 kuno, tapi setidaknya dapat membuka mata kita agar kita tidak 100% percaya pada software benchmark, terlebih benchmark yang dilakukan oleh pihak lain yang kurang terpercaya.

Tidak percaya? coba ke sini deh: http://www.xtremesystems.org/forums/showthread.php?t=46926

Categories: Ngoprek

Subversion: Akhirnya

July 18, 2006 Leave a comment

Akhirnya, gw pake subversion sebagai version control system (VCS) gw.

Dulu, gw pake teknik klik kanan, create folder dan copy file untuk membuat backup atau versioning baru. hehehe.. kuno n manual banget yak 😀

Kemudian gw sempat coba Borland TeamSource dan StarTeam, tapi kurang puas, apalagi ST, wah spec requirement nya naujubile, butuh space gede bok.

Yang paling lama gw coba adalah CVS, tapi sayang, gw kurang puas dengan model Branching dan tagging nya, hem mungkin karena limitasi client yg gw pake, yaitu TortoiseCVS. 😦

Nah iseng2 gw coba subversion, eh ternyata enak banget, model storage nya udah dalam bentuk database, yaitu Barkeley DB dan FSFS, terus yang bikin gw seneng, branching n tagging nya hampir memuaskan gw. Yah, akhirnya gw pake deh… 🙂

Nah gimana dengan dikau bro..? pake apa?

Categories: Ngoprek

Happy B’Day Bayu..

July 14, 2006 4 comments

Just wanna say “Happy birthday to me”.. 🙂

Moga2 panjang umur, enteng jodoh, luas rejekinya, mudah urusannya, dsb , dsb… pokoknmya yang baik2… Amin.

Categories: Out Of Topics

Aulia is Now Blogging :)

July 14, 2006 1 comment

Ho ho ho.. Oli is now blogging. He rent a domain caled auliabig.com. The first thing he done was installing blog engine. He chose WordPress. After several efforts, his blog run well. Next he post his ‘hello world’ :), added several his friends’s blog link and promote his blog to others.

Well.. happy blogging Oli.. I’m waiting for your contents.

Categories: News

Mystic: My New Text Viewer

July 11, 2006 Leave a comment

For several years, I’m using Notepad as my default text viewer (yes text viewer because I rarely use it to edit or write, hehehe) because it light and fast to load. I’m ever using UltraEdit32, but unfortunatelly it is shareware. Another my text viewer is Crimson Editor. It also light, support syntax highlighting and free.

As time goes by, I want my text editor had CodeFold/CodeWrap support, but none of them had it. Today I’m looking at SynEdit homepage, my favourite syntax highlighter delphi component, hoping any updates there. I’m exploring through forums but still no CodeFold/CodeWrap support, except from Piotr Jura about his SynEdit based text viewer called Mystic.

So I jump to Mystic homepage and read some informations there. Yes it support CodeFold/CodeWrap. So after successfull download, I run Mystic, and viola.. I get CodeFolding working….

Mystic

Categories: Ngoprek