Home > Ngoprek > Migrasi yang Gila

Migrasi yang Gila


Ceritanya, sudah dua minggu gw diminta bantu temen untuk kustomisasi salah satu produk E-Learning berbasis web. Nah produk ini sangat stabil dan mature pada platform Linux Apache MySQL PHP (LAMP). Kemudian ada client yang minta system requirement yang berbeda, dia pengen produk ini jalan di Windows Server 2003, IIS 6.0 dan MS SQL Server 2000 SP4 dan berbagai kustomisasi yang dapat merubah business flow dari produk tersebut.

Nah mulai lah petualangan gila ini, produk yang tadinya berjalan dengan baik di ‘alam’-nya menjadi sangat tidak stabil dan timbul banyak sekali bugs serta berbagai keanehan yang tidak semua orang mengalaminya dan sama dalam hal solusinya. Hampir sebagian besar bugs timbul karena perbedaan platform. Masalah hak akses, keamanan serta kompatibilitas script menjadi isu sehari – hari. Beberapa isu akan saya coba angkat ke blog sebagai tambahan informasi bagi rekan – rekan, mudah – mudahan bermanfaat.

Dudulz juga, hampir separuh total waktu dihabiskan hanya untuk menyelesaikan bug akibat perbedaan platform dan fitur tambahan yang belum matang. Ditambah lagi dengan struktur & disain script yang tidak umum dan campur aduk. Bayangin aja, ini produk sudah di-‘sentuh’ oleh sedikitnya 4 developer / programmer, bisa dipastikan alur program sudah bercampur oleh pemikiran banyak orang.

But.. kehidupan tetap berjalan.. gw pengen secepatnya ngelarin nih kerjaan, biar gak pusing berlanjut – lanjut.. 😀

Categories: Ngoprek
  1. November 8, 2006 at 11:10 am

    ya gw salah satu dari 4 programmer tersebut, the last programmer to be exact.

    untuk fungsi checkdate lw harus convert year ke 4 digit. klo ga salah dulu begini:

    if (!checkdate ($month,$day,$year)) {
    return “”;
    }
    terus gw convert jadi:

    if (!checkdate ($month,$day,date(“Y”,$year))) {
    return “”;
    }

    oh iya satu lagi tipe data yang menampung tanggal di database itu harus varchar(20), bukan datetime.

    hmmm… saya tidak mengalami masalah ketika pindah paltform. bahkan menggunakan windows server 2003 sekalipun.

    well, anyway… selamat berpusing ria ya, hehe. setahu gw sih aplikasi e-learning tersebut insecure.

  2. bprasetio
    November 9, 2006 at 10:17 am

    ben, mentang2 dikau dah resign dari ‘the-jungle’, hehehe 🙂

    mo kasih comment untuk comment dikau:

    [1] Masalah Checkdate
    nah di test-script gw kan tahun nya sudah 2008, berarti kan udah 4 digit… dan walaupun tidak gw konvert pake date(“Y”, $year), itu hasilnya udah valid, KECUALI untuk tanggal KABISAT. dan ini murni dari fungsi checkdate.

    Lihat postingan gw: http://blog.bprasetio.or.id/2006/09/22/checkdate-problem/

    [2] Masalah Pindah ke WinServer2003 (dan WinXP)
    Masalah terbesar itu adalah hak akses IUSR_xx terhadap folder2 yang digunakan oleh knova. Kalo file-system nya FAT32 gak masalah, yang masalah itu kalo NTFS.

    anyway.. sekarang sih gw udah gak pusing lagi n thnx dah berbagi pengalaman 🙂

  1. September 22, 2006 at 9:47 am
  2. October 16, 2006 at 1:42 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: