Archive

Archive for September, 2006

Migrasi yang Gila

September 5, 2006 4 comments

Ceritanya, sudah dua minggu gw diminta bantu temen untuk kustomisasi salah satu produk E-Learning berbasis web. Nah produk ini sangat stabil dan mature pada platform Linux Apache MySQL PHP (LAMP). Kemudian ada client yang minta system requirement yang berbeda, dia pengen produk ini jalan di Windows Server 2003, IIS 6.0 dan MS SQL Server 2000 SP4 dan berbagai kustomisasi yang dapat merubah business flow dari produk tersebut.

Nah mulai lah petualangan gila ini, produk yang tadinya berjalan dengan baik di ‘alam’-nya menjadi sangat tidak stabil dan timbul banyak sekali bugs serta berbagai keanehan yang tidak semua orang mengalaminya dan sama dalam hal solusinya. Hampir sebagian besar bugs timbul karena perbedaan platform. Masalah hak akses, keamanan serta kompatibilitas script menjadi isu sehari – hari. Beberapa isu akan saya coba angkat ke blog sebagai tambahan informasi bagi rekan – rekan, mudah – mudahan bermanfaat.

Dudulz juga, hampir separuh total waktu dihabiskan hanya untuk menyelesaikan bug akibat perbedaan platform dan fitur tambahan yang belum matang. Ditambah lagi dengan struktur & disain script yang tidak umum dan campur aduk. Bayangin aja, ini produk sudah di-‘sentuh’ oleh sedikitnya 4 developer / programmer, bisa dipastikan alur program sudah bercampur oleh pemikiran banyak orang.

But.. kehidupan tetap berjalan.. gw pengen secepatnya ngelarin nih kerjaan, biar gak pusing berlanjut – lanjut.. 😀

Categories: Ngoprek