Home > Out Of Topics > Back To Core

Back To Core


Ah.. setelah dua minggu menjadi tukang patri, akhirnya balik juga ke kerjaan semula, welcome back to your core Bayu..

Tukang patri..?? hehehe iya, tukang patri kerjaan orang, maksudnya mbetulin, mbenahin, nambal kelemahan aplikasi yang dibuat oleh orang lain, untuk memenuhi deadline presentasi dengan client (orangnya kabur, dengan track record yang super juelek). Dan yang ditambal gak kira2.. hampir 45%, nah lho.. sampai2 berat badan gw berkurang drastis..

Gimana gak menguras tenaga, lha wong bikin aplikasi aja ‘gak bisa’.. tidak ada konsep pengembangan aplikasi, kode yang dibuat tidak mengikuti aturan / kaidah yang umum. Contohnya, penamaan file / unit yang membingungkan, tidak mencerminkan fungsi dan isinya.
Isi scripting / coding nya masih jaman ‘DOS dan Pascal’, business flow-nya..? gak sepenuhnya nyambung, ribet dan menyusahkan user, belum UI nya yang kurang elegan. Yang parah lagi, tuh orang ‘ngeyel’, udah berkali2 dibilangin bos gw, merasa sok bener sendiri, padahal kacau balau. Dan juga, tuh orang sering mangkir ketika dibutuhkan, terutama saat ada presentasi dengan client. Br*ngs*k..!

Belum lagi database yang sangat tidak normal, tidak ada relasi sama sekali, banyak field sampah, bahkan pemilihan FieldType yang tidak tepat (cont: field tahun sebagai Text ??)

Ah.. sudahlah.. ntar dikira malah gw mengumbar sumpah serapah kedongkolan gw aja.. yang penting, gw kembali ke kerjaan gw, dan aplikasi tersebut sudah ditangani oleh rekan2 kerja gw yang baru.

Categories: Out Of Topics
  1. February 19, 2007 at 1:14 pm

    Kebayang penderitaanmu, Mas. Yah sudahlah.. semoga dia diberi “petunjuk”. Coding emang bukan cuma buat machine doang. Tapi gimana biar karya kita bisa dimaintain, readable, well design, robust, and good in performance. Itu bedanya tukang ama engineer, Mas.

  2. bprasetio
    February 19, 2007 at 1:45 pm

    iya mas.. penderitaan yang memilukan, dan parahnya, kok aq sudah beberapa kali diminta tolong jadi tukang patri ya, entah itu nglanjutin pengembangan aplikasi, kustomisasi suatu produk/aplikasi dan sebagainya..

    Dasar bos ku (n aq) juga sih.. kalo udah ‘mentok’ dan mendekati deadline, pasti larinya ke aq, semua kerjaanku yg lain diminta di-suspend.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: