Home > Out Of Topics > Server Down, Harddisk Error dan Marhaban Yaa Ramadhan

Server Down, Harddisk Error dan Marhaban Yaa Ramadhan


Lama tak sua, baru kali ini sempat posting karena sibuk dengan deploy, tes dan implementasi beberapa aplikasi di kantor daerah. pada saat itu pula ServerMerdeka sempat down dengan jangka waktu yang cukup lama, berhari – hari. Walhasil domain bprasetio.or.id pun terkena imbasnya, tidak dapat diakses selama berhari-hari.

Peristiwa yang tidak kalah menyedihkan adalah rusaknya harddisk laptop saya pada hari minggu dini hari tanggal 9 September 2007. Peristiwa ini terjadi secara tidak terduga, selagi asik ngoprek, tiba2 terdengar suara ‘klek-klek-klek’ dan kemudian muncullah BSOD (Blue Scree Of Death). Sontan, komputer di restart, tapi suara klek2 tersebut kembali muncul dan harddisk tidak dapat dideteksi.

Melepas harddisk, memasangkannya di dalam harddisk-enclosure dan kemudian menyambungkan ke komputer via USB memberikan hasil yang sama, suara ‘klek’ dan harddisk yang tidak dapat dideteksi. Ah.. hilang semua arsip.. Tapi untunglah saya sudah ada backup walaupun tidak 100%, minimal saya bisa melakukan rekonstruksi dokumen aktual berdasarkan backup yang ada. Beberapa file download dari internet dapat diperoleh kembali, namun beberapa tool kecil yang baru dikembangkan sekitar 2 minggu terakhir tidak dapat diselamatkan, termasuk DelphiPackageSelector, ServerMonitoring dan versi terbaru dari Aplikasi Server untuk kantor yang belum sempat saya backup. 😦

Tapi sudahlah, life goes on, saya masih bisa melakukan rekonstruksi arsip dari backup yang ada, dan yang terpenting, bulan suci Ramadhan sudah dekat, mari kita sambut bulan yang penuh berkah dengan perasaan yang senang, hati yang bersih dan saling memaafkan agar ibadah puasa dapat kita tunaikan dengan lebih afdol.

Marhaban yaa Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin. 🙂

Categories: Out Of Topics
  1. September 22, 2007 at 12:09 pm

    Wah mulo tho mulo , eh makanya …
    itu laptop jangan terlalu diperkosa deh .
    berikan waktu beristirahat yg cukup.

    he he he

  2. bprasetio
    September 24, 2007 at 8:35 am

    Iya.. kayaknya terlalu diperkosa nih laptop.. habis lagi kejar setoran juga sih.. hehehe…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: