Home > Ngoprek > Remap Your Keyboard

Remap Your Keyboard


Kasus ini sebenarnya terjadi sekitar 3 minggu yang lalu, namun tidak ada salahnya untuk saya bagi.

Saya adalah seorang hibernate-fan, yaitu pengguna komputer yang selalu melakukan hibernate / standby ketika mematikan laptop, bukan shutdown seperti umumnya pengguna. Saya menyukai fasilitas ini karena kecepatan akses bila dibandingkan dengan apabila melakukan shutdown-startup. Lebih lengkapnya mengenai hibernate dapat disimak di sini.

Shutdown / restart hanya saya lakukan apabila diperlukan dan mendesak, contoh setelah update / patch OS. Bahkan laptop tidak pernah saya shutdown sampai 1 bulan lebih.

Malam itu, seperti biasa, saya matikan laptop dengan hibernate. Pagi harinya ketika sudah tiba di kantor, saya hidupkan kembali laptop (resume) hingga muncul jendela login. Seperti biasa, saya ketik password dan tekan tombol ENTER. Namun peristiwa yang tidak biasa muncul. login saya ditolak! Oke, saya sedikit maklum mengingat saya mengetikkan password dengan kecepatan yang amat sangat luar biasa cepatnya, bisa di-adu deh dengan Clark Kent (Superman) dan Barry Allen (The Flash), halah, dasar narsis 😀

Well, saya ulangi lagi mengetikkan password namun dengan kecepatan normal, kecepatan manusia biasa. Setelah menekan tombol ENTER, lho kok login ditolak lagi. Hmm, mungkin saya perlu lebih teliti, oke saya perlambat, namun berkali kali saya mengetikkan password, login selalu ditolak.

Hmm, saya curiga ada yang tidak beres dengan Windows saya. Saya shutdown dan hidupkan kembali, saya ketikkan password dan hasilnya tetap nihil. Berdasarkan pengamatan ketika mengetikkan password, ternyata beberapa tuts keyboard tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, alias mati. Pantas saja password yang saya ketikkan salah dan login ditolak!

Ok, saya berpikir bagaimana jika saya boot dengan Linux? well, saya matikan laptop, saya ambil UFD-boot saya yang berisi Ubuntu Live. Saya tancapkan ke port USB, hidupkan laptop, masuk ke BIOS untuk mengatur urutan prioritas boot. Saya buka Text Editor, saya ketik semua tuts keyboard satu persatu hingga ketahuan tuts keyboard apa saja yang mati. Sip, kini sudah ketemu penyebabnya. Rusak secara hardware.

Saya matikan laptop, saya bongkar keyboard untuk mengecek apakah ada kabel yang kendor. Namun setelah saya pasang kembali, boot ke ubuntu, malah beberapa tuts keyboard lainnya ikutan mati. Walah…….

Kemudian dengan tenang saya bongkar kembali, berikan sedikit tekan ke fisik keyboard, pasang kembali, boot ke ubuntu, dan akhirnya tuts keyboard yang ikutan mati itupun kembali dapat berfungsi.

Masalah yang timbul adalah bahwa diantara tuts keyboard yang mati itu, ada yang digunakan sebagai password. So bagaimana mau masuk ke OS kalo password tidak bisa diketik dengan benar? Ah untunglah Windows menyediakan Utility Manager, yang salah satunya adalah On Screen Keyboard.

Utility Manager

Utility Manager

On Screen Keyboard

On Screen Keyboard

Tapi bagaimana caranya menjalankan Utility Manager, sedangkan layar dikunci dengan jendela login ? Ah ternyata Windows telah memikirkannya dan menyediakan caranya. Cukup tekan kombinasi tombol WIN + U untuk mengaktifkan Utility Manager, dan On Screen Keyboard (OSK) pun dapat dijalankan.

Akhirnya dengan bantuan OSK saya dapat masuk ke desktop saya. Namun cerita belum berakhir. Ketidak biasaan saya menggunakan OSK untuk huruf tertentu membuat produktivitas saya menurun, kecepatan ketik kode program pun menurun dan membuat capek karena harus berpindah menggerakkan mouse untuk mengakses OSK. Lalu adakah cara untuk tidak bergantung pada OSK namun dapat mengakses huruf yang diinginkan?

Ada, yaitu dengan melakukan remap keyboard. Maksudnya adalah mengganti suatu tombol dengan tombol lainnya. Misalnya kita melakukan mapping tombol “s” ke tombol “d”. Ketika kita menekan tombol “d”, bukan kode tombol “d” yang dikirimkan, melainkan tombol “s”. Dengan demikian, saya tinggal menyesuaikan tombol yang ingin di-map. Pemilihan tombol harus seksama mengingat ketika suatu tombol sudah di-map, karakter yang dijadikan map tidak bisa digunakan. Dalam kasus sebelumnya, huruf “d” tidak bisa diakses.

Misalnya dalam kasus saya, saya sempat mengganti tombol “ins” menjadi tombol “s”. Mulanya saya pikir saya jarang sekali menggunakan tombol “ins”. Tetapi ketika saya melakukan remote ke server dengan sistem operasi Linux, dimana saya selalu menggunakan Midnight Commander (MC), saya sering menggunakan tombol “ins”. Jadi daya harus mengubahnya kembali map keyboard sebelumnya. Jadi pikirkanlah dengan matang.

Untuk melakukan remap, saya menggunakan tool MapKeyboard buatan Inchwest. Dan hasilnya sungguh memuaskan. Coding, remote, gaming, writting, browsing, chatting, it works!

Map Keyboard

Map Keyboard

Namun demikian, saya masih belum terbiasa dengan posisi tombol yang baru ini. Hingga saat ini, saya masih sering salah ketik, bahkan masih sering menekan tombol yang rusak. Maklum sudah kebiasaan ketik cepat 10 jari (narsis lagi). Jadi jika ada kesalahan ketik di dalam email yang saya kirimkan, obrolan di messenger maupun posting di forum, kemungkinan besar itulah sebabnya. Well namun lebih baik daripada tidak.

Categories: Ngoprek Tags:
  1. February 25, 2009 at 5:03 pm

    Gampangan mana, remap atau bawa laptopnya untuk diperbaiki? Atau pake keyboard USB, colokin aja?

  2. February 25, 2009 at 6:43 pm

    Untuk kasus saya:
    – jika diperbaiki, dibawa laptopnya, potensi kerugian saya cukup besar mengingat perbaikan seperti ini memakan waktu berhari – hari, belum juga data yang tersimpan di dalamnya yang sangat rahasia dan mahal.
    – Menggunakan keyboard USB, lebih ribet kalo harus bawa2.. apalagi saya & laptop ini tergolong mobile, walaupun ada keyboard lipat ukuran mini.
    – Paling bagus adalah beli keyboard baru, tapi yang ini saya belum tahu harganya berapa dan apakah ada anggarannya.
    – Sebenarnya ada solusi lainnya, yaitu dengan mengambil keyboard pada laptop sejenis, kebetulan di kantor juga ada (kanibal), tapi masalahnya laptop tersebut bakal punya orang lain yang saya sendiri belum tahu kapan akan dipake, walaupun saat ini memang masih idle.

    itu sebabnya saya masih bertahan dengan remap keyboard.

  3. $tring
    May 1, 2009 at 7:18 pm

    wahklo kasusnya bgitu..sabar aja ya mas..

  4. May 6, 2009 at 5:50 pm

    @$Tring:
    Terima kasih.

  5. Icha
    September 15, 2009 at 4:52 pm

    Lptop saya mengalami krusakan, ,
    kyboard untk strip(-) dan 0(nol) tidak bisa di gunakan. .
    Apa penyebabnya dan bgaimana solusiny. ?
    Mhon bntuannya. .
    Thx b4

    • September 20, 2009 at 7:45 pm

      Penyebabnya umunya tekanan yang berlebih, seperti diketahui, keyboard laptop sangat rentan, jalur2 karbon di bawah tombol sangat tipis sehingga berpotensi terhapus / hilang. Begitu hilang, maka tombol terkait tidak bisa digunakan, jadi perlakukan keyboard dengan halus.

      Untuk kerusakan, ya solusinya harus diperbaiki, ganti keyboard atau remap keyboard.

  6. unywahyuni
    February 7, 2010 at 3:12 pm

    keyboard laptop saya kadang gax bisa digunakan diantaranya shift,ctr,c,m,z,c, dan x…
    bgmna cara perbaiakannya??

    • March 19, 2010 at 3:03 am

      menggunakan tool seperti yg saya gunakan juga bisa mbak….

  7. unywahyuni
    February 7, 2010 at 3:15 pm

    keyboard laptop saya kadang gax bisa digunakan diantaranya shift,ctr,c,m,z,c, dan x…
    bgmna cara perbaiakannya??
    tlg kirim lwt email.thx

    • February 24, 2010 at 2:56 pm

      menggunakan tool seperti yg saya gunakan juga bisa.

  8. March 2, 2013 at 11:56 pm

    mungkin akan berguna ni di suatu saat, makasih mas buat pengalamannya. sangat bermanfaat ni kayanya. smoga sukses slalu 😀

    • March 3, 2013 at 5:37 pm

      @Andika: semoga bermanfaat.. 🙂 Aamiin.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

