Home > Ngoprek > Wanted: Powerfull Database Converter

Wanted: Powerfull Database Converter


Adakah database converter yang mumpuni, tidak hanya mampu mengkonversi tabel dan view, tapi juga trigger dan stored procedure?

Dalam proses migrasi database dari satu format / sistem ke format / sistem lainnya, selalu terdapat pekerjaan tambahan yaitu melakukan konversi data. Dalam prakteknya, proses konversi ini biasanya dilakukan dengan prosedur backup dan restore. Format target backup yang umum, praktis dan manjur adalah dengan menggunakan format sintaks SQL standar (ANSI SQL92). Hampir semua database manager memiliki fitur untuk restore dari format sintaks SQL.

Namun terkadang proses restore ini tidak berjalan dengan mulus karena perbedaan dukungan fitur SQL. Misalnya tipe data AutoIncrement, Domain, View dan sebagainya. Walhasil diperlukan ‘prakarya’, pekerjaan tangan, hand-made atau sering juga disebut proses manual untuk melakukan konversi sintaks yang tepat. Nah celah ini kemudian diisi dengan aplikasi yang menyebut dirinya database converter. Contoh database converter yang, ‘katanya’, handal antara lain: FullConvert dan ESF Database Convert.

Saya membayangkan apa yang dilakukan database converter sangat mempermudah pekerjaan saya, tinggal setting database asal, pilih object yang ingin dikonversi, setting database tujuan, dan klik Go.

Ah.. sayang sekali kenyataan di lapangan tidak sesuai dengan angan2 saya. Masalahnya, kebanyakan database converter yang ada (yang sudah pernah saya gunakan), hanya mampu melakukan konversi untuk tabel dan view saja. Untuk sintaks2 trigger dan stored procedure, rasanya kok belum ada. Kondisi ini akan menjadi masalah ketika kita mempunyai banyak trigger dan stored procedure maupun fitur2 lainnya, mau tidak mau kita harus menyiapkan tenaga ekstra untuk melakukan prakarya ini, ya, harus dilakukan secara manual! 😦

Ah… sudah adakah software database converter yang powerfull denagn kemampuan sampai konversi trigger, stored procedure dan fitur lainnya?

Categories: Ngoprek
  1. August 9, 2006 at 5:31 pm

    Gimana klo mas bayu yang buat … 😀 wah … pasti kerenzz banget tuch …. multi database converter ….

  2. bprasetio
    August 9, 2006 at 9:32 pm

    Mas Yusya,

    saya sudah pernah buat, namanya DataPump, dulu cita2 sih begitu.. sampai Trigger dan StoredProcedure, tapi sayang.. saya tidak punya cukup waktu untuk mengembangkannya. Jadi ya.. sementara cuman bisa Tabel dan View saja..

    btw sebagai referensi mungkin bisa dicoba SQLWays. 🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: